Pages

Sabtu, 05 Oktober 2013

ORGANISASI ?

DEFINISI ORGANISASI
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan

Istilah organisasi dan struktur organisasi sering kita dengar dimanapun kita berada. Baik di lingkungan sekitar rumah, media cetak, media elektrinik maupun ketika kita berada dikampus. Kata organisasi itu sendiri berasal dari bahsa organony dalam bahsa Yunani berarti alat. Pentingnya organisai itu sendiri sudah didefinisikan oleh beberapa orang ahli, dibawah ini beberapa pendapat dari para ahli tersebut yang telah mendefinisasikan tentang pengertian organisasi:

·         ERNEST DALE
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

·         CYRIL SOFFER
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

Dari dua penertian diatas saya dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa organisasi adalah suatu kerja sama yang digunakan oleh beberapa orang yang memiliki misi dan visi yang sama untuk mencapai tujuan yang sama dalam kegiatan atau pun pekerjaan. Dalam struktur organisasi dibutuhkan bembagian pekerjaan dan menunjukan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan(kordinasi). Selain tanpa adanya suatu struktur oraganisai dan manajemen yang tepat organisai tersebut akan kacau dan tidakakan berjalan sebagaimana mestinya bahkan oraganisai tersebut bias bubar sebab tidak ada pembagian unit-unit kerja. Nah, dari maka itu oraganisasi itu samangat penting untuk membantu kita agar bisa berlatih disiplin, tanggung jawab, kerja sama menghargai orang lain.

Pengalaman Berorganisasi

            Kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai organisai di SMA.Waktu saya duduk dibangku SMA saya menjabat menjadi ketua kelas selama 3 tahun sebenarnya tujuan saya ingin berorganisasi supaya bisa belajar menjadi pemimpin, bisa belajar bagaimana mengatasi permasalah yang ada, bisa juga belajar mengatur sekelompok orang sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar. Tujuan lainya adalah saya akan terbiasa dengan hubungan secara vertikal. Maksudnya hubungan dengan guru, kepala sekolah, staf sekolah dan teman-teman dengan begitu wawasan saya bisa tambah luas dan bisa di kenal banyak teman. Terutama untuk menambah pengalaman bagaimana cara berorganisasi yang baik dan benar.

Sumber:
wartawarga.gunadarma.ac.id/definisi-definisi organisai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar